Artikel ini merupakan sub bab ke-2 dari materi e-bisnis yang share. klik untuk mengetahui apakah e-bisnis dan daftar isi materi e-bisnis. oke langsung saja pada pokok masalah yaitu
2. Model E-Bisnis.Ketika suatu organisasi go online, mereka harus memutuskan model e-bisnis terbaik yang mana yang sesuai dengan tujuan mereka. Sebuah model bisnis bisa didefinisikan sebagai pengaturan dari produk, layanan dan arus informasi, sumber pendapatan dan manfaat bagi pemasok dan pelanggan. Konsep model e-bisnis pada dasarnya adalah sama tetapi hanyalah berbeda dalam kehadirannya dalam internet. Berikut ini adalah daftar model e-bisnis yang paling banyak beredar di internet :
- E-shops
- E-commerce
- E-procurement
- E-auctions
- Virtual Communities
2.1. Pengklasifikasian model ditinjau dari konsumen dan penyedia.
Secara gampang, dunia membagi jenis e-bisnis menurut penyedia/produsen dan klien/konsumen ke dalam kategori berikut :
- business-to-business (B2B)
- business-to-costumer (B2C)
- business-to-employee (B2E)
- business-to-government (B2G)
- government-to-business (G2B)
- government-to-government (G2G)
- government-to-citizen (G2C)
- conseumer-to-costumer (C2C)
- consumer-to-business (C2B)
0 comments: